Wednesday, December 23, 2009

Perintah Input data



Sudah lama rasanya saya tidak menulis untuk artikel bahasa SQL dan artikel saya mengenai bahasa SQL juga masih sedikit sekali dikarenakan keterbatasan waktu luang yang saya milki. kali ini saya ingin memposting artikel mengenai perintah memasukan data pada bahasa SQL. dalam mempraktekan perintah ini saya menggunakan SQL Plus, bagi yang belum mengenal SQL Plus silahkan baca mengenai artikel sebelumnya Mengenal SQL Plus.

untuk memasukan data pada bahasa SQL kita menggunakan perintah Insert , bentuk penulisan perintah ini adalah sebagai berikut :

insert into nama_tabel(field1, field2 ,..,field N) values ('isi field1','isi field2',...,'isi field ke N');

misalkan kita memiliki sebuah tabel yang bernama kategori dengan field id dan nama_kategori jika anda belum memiliki tabel tersebut silahkan anda membuat tabel baru dengan nama kategori , data yang akan dimasukan adalah 1 dan kesehatan maka bentuk penulisan perintah SQL nya adalah seperti dibawah ini :

insert into kategori(id,nama_kategori) values ( 1,'kesehatan);

jalankan perintah sql diatas dengan menekan enter pada sql plus dan lihat hasil data yang kita inputkan tadi dengan menggunakan perintah select.






silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.