Wednesday, April 2, 2014

Koneksi database dengan PHP & MySQL

Saya liat-liat ternyata di blog saya yang ini belum ada artikel sama sekali tentang PHP & MySQL. ternyata saya lupa kalau postingnya tidak diblog ini tapi di blog http://nusamandiriportal.blogspot.com .  oke kalau gitu saya tulis saja diawali dengan cara mengkoneksikan database php dan mysql.
untuk menghubungkan server mysql dengan php kita menggunakan perintah :

mysql_connect("nama host","nama_user","password");

sedangkan untuk koneksi ke database gunakan perintah :

mysql_select_db("nama database");

oke langsung saja kita praktekan ya, buatlah sebuah file connect.php yang berisi script berikut ini :

<?php

$host = "localhost";

$user = "root";

$password = "";

$db = "test";

mysql_connect($host,$user,$password);

mysql_select_db($db);

?>

penjelasan :


  • baris pertama sampai dengan baris ke empat kita memberikan variabel untuk $host, $user, $password dan $db.

  • perintah mysql_connect($host,$user,$password); digunakan untuk koneksi ke server database seperti penjelasan sebelumnya

  • perintah mysql_select_db($db); digunakan untuk menghubungkan database.

  • anda juga bisa menambahkan perintah die jika nanti ternyata gagal koneksinya.


sampai disini selesai, saya mau lanjut kerja dulu, selamat mencoba

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.