Thursday, October 16, 2014

Tutorial Laravel Bahasa Indonesia

Tags

Laravel adalah sebuah framework PHP dengan design pattern MVC ( Model View Controller ). framework ini sendiri mulai ramai diminati di forum-forum dan group pemograman baik itu di social media ataupun forum forum lainnya. tampil dengna keungggulannya yang kalau boleh saya bilang lebih simpel dan fleksibel ketimbang framework lainnya seperti code igniter yang mulai ditinggalkan oleh para penggunanya, YII yang mulai beralih ke laravel juga. YII memang memiliki keunggulan widget dan GII nya , jadi kita bisa membuat CRUD application tanpa menyentuh kode program sedikitpun. tapi hal itu tidak membuat saya jatuh hati kepada framework selain laravel setidaknya untuk saat ini .

Tutorial Laravel Bahasa Indonesia sendiripun saat ini masih banyak dicari oleh para programmer yang baru atau akan melangkahkan kakinya menggunakan framewrok ini . disini memang terlihat banyak programmer diIndonesia yang masih banyak terkendala dengan bahasa asing. untuk ebook bahasa asing, tentu sudah ada beberapa dan banyak jika kita mau membelinya bahkan dengan bantuan google ebook berbayar tersebut bisa langsung kita dapatkan diinternet. 


Saat ini untuk Tutorial Laravel Bahasa Indonesia hanya ada satu tutorial ebook buatan indonesia karya mas Rahmat Awaludin dengan judul "Seminggu belajar laravel".  artinya disini masih terbuka luas untuk para penulis yang mau membuat tutorial atau buku yang membahas tentang laravel. ebook ini hanya dipasarkan online dengan mengontak penulisnya langsung.

walaupun masih jarang ebook yang membahas tentang laravel , jangan khawatir anda tetap bisa belajar laravel dari laracast langsung, disana tersedia video tutorial untuk pemula sehingga kita bisa mengikutinya selangkah demi selangkah.

selain belajar laravel dari laracast, anda juga bisa belajar laravel melalui blog indonesia . untuk mencarinya tentunya tidak terlalu sulit cukup ketikan saja tutorial laravel bahasa indonesia maka akan muncul blog-blog yang menulis artikel tentang laravel berbahasa indonesia.

sekian dulu ya tutorial laravel bahasa indonesia ini , terimakasih untuk blog nusa mandiri yang sudah mengijinkan menulis artikel dan menshare pengetahuan di blog ini , semoga bermanfaat.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.