Wednesday, November 5, 2014

Koneksi PDO dan MySQL

Pernah dengar PDO ? PDO singkatan dari PHP data Object. PDO diciptakan agar para developer PHP dapat mengkoneksikan aplikasi PHPnya dengan secara fleksibel menggunakan bermacam macam database. database yang didukung oleh PDO sendiri diantaranya Postgresql, mysql, mysqlli, sql server, DB 2, Oracle dan lain lain. 


Pengalaman saya sebagai seorang programmer yang menggembangkan aplikasi menggunakan mysql, ketika saya akan berpindah menggunakandatabase lain , maka saya sangat kesulitan untuk melakukan hal itu dikarenakan saya harus mengubah kode yang berhubungan dengan database. bisa anda bayangkan betapa melelahkan dan membosankan untuk pekerjaan seperti ini . untunglah sekarang ada teknologi PDO yang memudahkan developer berganti ganti database tanpa harus merubah semua kode aplikasinya, cukup dengan mengganti kode dibagian koneksinya saja.


pada artikel ini saya akan sedikit sharing tentang cara mengkoneksikan PDO dengan MySQL, caranya silahkan lihat perintah atau kodenya seperti dibawah ini :


<?php


$hostname = "localhost";      //nama host


$username = "root";    // username


$password = "";  //isi dengan password database anda


try{


$dbh = new PDO("mysql:host=$hostname;dbname=database_name", $username, $password); //database name ganti dengan nama database anda


echo "connected";


}


catch(PDOException $e)


{


echo $e->getMessage();


}


?>

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.