Thursday, January 15, 2015

Membuat Model Eloquent di Laravel

Tags

Kalau kemarin kita sudah membahas cara membuat controller di laravel, hari ini kita akan membuat model eloquent di Laravel. Sebenarnya untuk berinteraksi dengan database Laravel memiliki 3 buah cara salah satunya adalah Eloquent ORM. Eloquent ini boleh dibilang yang paling mudah dan menyenangkan karena kita tidak harus mengetikan sintaks-sintaks SQL dikode program yang kita buat.

sebelum kita membuat model dilaravel, buat terlebih dahulu sebuah tabel dengan nama "banks" yang berisi field seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini :

Untitled

setelah kita membuat tabel "banks" seperti diatas, langkah selanjutnya adalah membuat model. tulislah kode program seperti dibawah ini kemudian simpan di folder_laravel_anda\app\model simpan dengan nama "bank.php"

<?php

class Bank extends Eloquent{

}

Penjelasan dari kode diatas adalah dibuat sebuah class dengan nama Bank yang mengextends kepada class Eloquent. hati-hati dengan penulisan Eloquent harus memperhatikan besar kecilnya karakter karena nama class bersifat case sensitive.

satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat membuat model di eloquent adalah nama tabel yang dibuat harus bersifat jamak dan nama class dari modelnya adalah bersifat single. contoh nama tabelnya "banks" maka nama class di modelnya adalah "bank" atau "Bank".

masih bingung??selamat berarti anda berpikir, silahkan di praktekan saja agar tidak bingung. selanjutnya saya akan melanjutkan artikel bagaimana menggunakan model yang sudah dibuat ini untuk menampilkan data di posting artikel berikutnya.

2 comments

[…] anda membaca artikel tentang membuat model eloquent dilaravel , ada baiknya anda membaca artikel ini untuk tidak meremehkan dalam membuat model. walaupun dengan […]

[…] model eloquent barang, kemudian simpan di app/model/barang.php .jika anda belum tahu bagaimana cara membuat model silahkan baca artikel cara membuat model eloquent di […]

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.