Tuesday, March 17, 2015

Koneksi MultiDatabase dengan laravel

Lagi semangatnya nih ngerjain project aplikasi di koperasi PDAM pakai framework yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Sebagaimana yang kita ketahui untuk mengatur koneksi dilaravel , biasanya kita mengkonfigurasinya di app/config/database.php . dalam file tersebut banyak sekali definisi dari database ada mysql , postgree, sqlsvr  , sqllite dan lainnya. hanya saja ketika kita sudah membangun aplikasi sekelas enterprise seperti contoh pada aplikasi yang saya kerjakan sekarang ini yaitu aplikasi pensiun hari tua, trading dan koperasi simpan pinjam terhubung semuanya dengan akuntansi. untuk memudahkan dalam administrasi database lebih enaknya dipisah satu dengan lainnya tapi bagaimana kita menggunakannya kalau aplikasi yang kita develop menggunakan laravel. oke langsung saja ya .

silahkan buka app/config/database.php , tambahkan database connection untuk database mysql dengan "mysql2"

Untitled

secara default database driver yang akan digunakan oleh aplikasi kita adalah mysql dengan primary koneksinya adalah mysql. lalu bagaimana kita menggunakan koneksi mysql2 untuk membuat schema dan mengakses data ?lanjut baca artikel dibawahnya ya.

Penggunaan dalam Schema :

untuk membuat schema anda bisa menggunakan schema facase dengan koneksi mana saja. untuk menentukan koneksi database yang anda gunakan tambahkan perintah connection();, lihat contoh dibawah shcema menggunakan koneksi mysql2 untuk membuat tabel some_table.

Untitled

Penggunaan dalam Query

hampir mirip dengan penggunaannya dalam schema yaitu dengan menambahkan perintah connection()

Untitled

Penggunaan dalam Eloquent

nah kalau untuk mengakses database yang masih sederhana , eloquent mungkin yang paling banyak digunakan oleh pengguna laravel dikarenakan simple. penggunaannya dalam laravel ada dua cara , cara yang pertama bisa didefinisikan di model eloquent atau pada saat runtime.:

cara pertama anda bisa menambahkan perintah protedted $connection = 'mysql2' ( tergantung nama database ). cara ini lebih simple, untuk mengaksesnya datanya seperti biasa saja.

Untitled

cara kedua adalah dengan menggunakan perintah setconnection() pada saat runtime, berikut contoh penggunaaannya.

Untitled

demikian artikel membuat koneksi multidatabase dengan laravel, semoga bisa membantu rekan2 yang sedang belajar laravel.

1 comments so far

[…] setelah tabel database dan tabel contoh kita miliki, silahkan koneksikan laravel dengan database difile app/config/database.php. ( silahkan baca cara koneksi database laravel ). […]

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.