Tuesday, March 3, 2015

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat model Eloquent

Setelah anda membaca artikel tentang membuat model eloquent dilaravel , ada baiknya anda membaca artikel ini untuk tidak meremehkan dalam membuat model. walaupun dengan menggunakan model eloquent terlihat sangat mudah sekali digunakan tetapi banyak pula yang mengalami error atau kendala saat membuatnya, hal ini dikarenakan tidak telitinya mengenai hal hal teknis yang memang tidak semuanya ditulis dalam dokumentasi laravel. apa saja yang perlu diperhatikan disini adalah berdasarkan pengalaman kami dalam menggunakan framework laravel.

hal yang pertama adalah nama tabel biasanya bersifat jamak dan nama class bersifat single, contoh jika anda ingin membuat  class model dengan nama "bank" maka nama databasenya haruslah "banks" . untuk masalah jamak pada penamaan tabel saya pikir ini hanya ditambahkan huruf "s" saja dibelakang nama tabelnya, dan tidak mengikuti aturan jamak dalam bahasa inggris baku.

hal kedua adalah primary key secara default adalah "id" , jika suatu saat anda menggunakan primary key selain nama "id" maka akan error jika tidak anda definisikan kedalam model. untuk mendefinisikannya silahkan tambahkan perintah protected $primarykey = "id";

hal ketiga adalah jangan menggunakan special karakter untuk penamaan class atau file model. contoh jika anda membuat tabel journal_headers , maka anda membuat nama class dengan nama journal_header dan nama file journal_header.php. saat dijalankan maka class yang anda definisikan dianggap tidak ada dan terjadilah error. cara mengakalinya buat nama class dengan nama journalheader dan nama file dengan journalheader.php. nama class dan nama file haruslah sama tidak boleh berbeda. untuk penamaan tabelnya anda bisa tetap gunakan nama journal_headers atau journalheaders, agar nama tabelnya bisa dikenali silahkan definisikan nama tabelnya diclass sehingga dikenali yaitu dengan menambahkan perintah protected $table = "journal_headers";

hal yang keempat , saat membuat class jangan sekali sekali menuliskan "Eloquent" dengan "eloquent" saja. perhatikan nama class adalah bersifat case sensitif harus anda perhatikan besar kecil hurufnya.

Jika anda perhatikan hal-hal remeh diatas mudah2an dalam membuat model tidak ada kendala...happy coding

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.